Pemberdayaan TIK Desa Berbasis Pola Prioritas Potensi Desa


Pola pemberdayaan TIK di desa masih menjadi hal yang sekarang ini “kurang” diminati desa, hanya desa yang mampu keluar dari seleksi alamlah yang berhasil dan mau mengembangkan TIK untuk sarana perkembangan kemajuan pembangunan di desa melalui pemberdayaan TIK. Berbagai strategi dan terobosan pemberdayaan TIK telah dilakukan dengan tujuan akhir mewujudakan Undang-undang Desa beserta turunan peraturanya sebagai landasan dasar desa dapat dapat mengembangkan TIK sebagai pola yang dapat membantu perkembangan pembangunan desa. Teralalu banyak potensi yang ada di desa yang tidak dapat dimanfaatkan mengakibatkan kemunduran cara berfikir desa untuk maju dan berkembang karena desa sendiri tidak dapat mengenali potensi atau tidak dapat membentuk potensi tersebut. Penggunaan sistem informasi desa menjadi salah satu pola yang dapat diarahkan ke dalam konsep prioritas potensi desa.

Prioritas Potensi Desa yang dimaksud adalah meningkatkan kemampuan desa sesuai dengan potensinya, dengan menggunakan dan menerapkan Pengetahuan Teknologi Komputer yang dikembangkan oleh siapapun. Desa yang memiliki potensi pertanian nantinya akan didukung oleh penerapan pertanian berbasis Teknologi Komputer , Desa yang memiliki Potensi Perikanan akan didukung oleh penerapan perikanan berbasis teknologi komputer, sehingga teknologi komputer yang merupakan bagian dari TIK Desa mampu memberikan dampak yang nyata dalam pembangunan potensi desa. Pola Pembentukan Desa Berpotensi ini merupakan cara membantu desa didalam penerapan dan pelaksanaan Sistem Informasi Desa sesuai Undang Undang Desa. Kini pendampingan penerapan Sistem Informasi Desa bukan hanya menghasilkan data yang akurat bagi kebutuhan desa tetapi mampu dijadikan dasar perencanaan pembangunan desa yang disesuai dengan kebutuhan dan potensi yang dimiliki.

Tujuan dari pengembangan pola ini tentu saja diharapkan kemampuan desa didalam mengolah dan mengelola potensi yang dimilikinya sehingga perencanaan pembangunan desa lebih terarah sesuai dengan kemampuan dari desa itu sendiri. (Gatot)

ariwibowo gatot

Relawan TIK Pemalang merupakan gerakan untuk membantu masyarakat dalam pemanfaatan TIK.