Jualan Online Meningkatkan Nilai Penjualan

Suasana kegiatan
Selasa kemarin tanggal 12 September 2017 ratusan pelaku UMKM di Kabupaten Pemalang berkumpul di Pendopo Kabupaten Pemalang. Berkumpulnya mereka difasilitasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pemalang dan Bukalapak. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah mendorong pelaku UMKM untuk berjualan secara online agar dapat meningkatkan nilai penjualan dengan memperoleh pasar yang lebih luas.

Kegiatan dengan tema "Fasilitasi dan Edukasi UMKM Go Online" ini dihadiri oleh Bambang Tri Santoso (Kasubsit Tata Kelola Pemberdayaan Informatika Direktorat Pemberdayaan informatika), Ainur Rofiq SH (Asisten Pemerintahan Sekda Kabupaten Pemalang), Drs. Nugroho Budirsharjo MM ( Kep. Dinas Kominfo Pemalang), Mujib Burrokhman (Engagement Team Regional 2 Bukalapak) dan beberapa tamu lainnya dari SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang.

Kami, Relawan TIK Pemalang bersama para relawan dari Bukalapak sendiri bertugas mendampingi para pelaku UMKM dalam belajar memulai berjualan di marketplace, Bukalapak. Bagi yang belum memiliki email yang menjadi syarat untuk mendaftar di Bukalapak, kami bantu untuk membuatnya. Untuk berjualan di Bukapak tentunya para pelaku UMKM harus memiliki foto-foto produknya. Untuk itu panitia menyiapkan spot foto produk. Dibantu oleh Relawan TIK Pemalang dan relawan dari Bukalapak, para peserta antusias mengantri agar produknya difoto. Selepas sesi foto produk, dilanjutkan dengan meneruskan proses registrasi di Bukalapak dengan memajang foto produk dan mengisi beberapa item lainnya sebagai pelengkap toko online di Bukalapak.

Di tempat utama, relawan Bukalapak satu persatu membagikan pengalamannya. Masing-masing memiliki pengalaman tersendiri dengan produk yang berbeda-beda pula. Harapannya adalah agar para peserta termotivasi untuk berjualan online di Bukalapak.

Massol Likhin

Relawan TIK Pemalang merupakan gerakan untuk membantu masyarakat dalam pemanfaatan TIK.