Relawan TIK Pemalang Bentuk Komisariat Kecamatan Pertarukan


Kecamatan Pertarukan memfasilitasi Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa Informasi dan Teknologi (KPMD IT) dari desa-desa di wilayah Kecamatan Petarukan membentuk komisariat Relawan TIK Kecamatan Petarukan. Fasilitasi ini dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Petarukan, Jumat (3/2/2017). 

Sekretaris Kecamatan Petarukan, Bagus Sutopo yang saat ini juga sebagai ketua Relawan TIK Pemalang menjelaskan tugas-tugas dari KPMD di desa masing-masing. Ke depan, KPMD bersama perangkat desa diharapkan bersinergi untuk mengelola website desa, menggunakan aplikasi Sidekem dan mengelola tower desa yang ke depan bisa dikembangkan untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) sebagai badan yang membantu warga untuk memberikan koneksi internet warga. 

Dalam kegiatan ini, 14 perwakilan KPMD IT hadir sedangkan lima KPMD berhalangan hadir. Selain KPMD IT di wilayah Kecamatan Petarukan hadir pula anggota GEMATI dari Kecamatan Ulujami. GEMATI sendiri merupakan salah satu pelopor gerakan pendampingan untuk desa di bidang TIK. Mereka diharapkan dapat menularkan semangat pemberdayaan di desa-desa di Kecamatan Ulujami. Total yang hadir lebih dari 20 orang termasuk perwakilan dari Puspindes.

Wahyudi selaku koordinator GEMATI menuturkan tentang perjalanan dan tantangan gerakan ini. Salah satu yang mendasari gerakan ini adalah keinginan belajar tentang TIK yang tinggi di antara anggotanya.

Massol selaku pengurus Relawan TIK Pemalang dalam sambutannya mengajak peserta yang hadir untuk bersama-sama membantu masyarakat Pemalang dalam memanfaatkan TIK. 

Pertemuan ini melahirkan kepengurusan Komisariat Relawan TIK Kecamatan Petarukan. Ketua di isi oleh Haryanto, Wakil ketua oleh Syamsuri, Bendahara 1 oleh Dimas, Bendahara 2 oleh Maya Ratnasari, Sekretaris 1 oleh Mualip, dan Sekretaris 2 oleh Purwaning Asih. 

Sebelum ditutup, Bagus Sutopo memberikan semangat agar Kecamatan Petarukan tidak kalah dengan GEMATI yang militan. 


sumber: kabarpemalang.com

Massol Likhin

Relawan TIK Pemalang merupakan gerakan untuk membantu masyarakat dalam pemanfaatan TIK.