Pemaparan Sidekem Di Hadapan Gubernur Ganjar Pranowo dan Warga Desa


Bermula dari twitter, Relawan TIK Pemalang mendapatkan kesempatan untuk memaparkan Sistem Informasi Desa dan Kawasan Pemalang atau disingkat Sidekem dihadapan Gubernur Ganjar Pranowo. Selain Gubernur, pemaparan tersebut juga disaksikan oleh Bupati Pemalang, H. Junaedi MM, Kades Desa Pesantren, Sri Rahmawati dan warga Desa Pesantren.


Pemaparan tersebut dilaksanakan di sela-sela kunjungan Ganjar Pranowo ke wilayah Kusen, Desa Pesantren dan Dusun Siceleng di Desa Temuireng, Senin (12/9/2016).

Dalam pemaran yang disampaikan perwakilan RTIK Pemalang salah satu layanan yang bisa gunakan untuk melayani warga dalam hal pengurusan surat pengantar yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Pada kesempatan ini Ganjar menanggapi, "pelayanan surat bisa saja cepat, lantas ditandatangani oleh pejabat lama tidak?". Untuk itu menurutnya, perangkat dan pejabat desa juga harus berkomitmen demi memberikan pelayanan yang cepat kepada warganya.

Aplikasi Sidekem sendiri kini sudah rilis versi 1.4 dimana selain fitur layanan surat pengantar dari desa, melalui Sidekem ini juga perangkat desa dapat menyusun RPJMDes, RKP Desa, sehingga nanti desa-desa lebih mudah lagi membuat Dokumentasi Pembangunan Desa yaitu dalam penyusunan RPJMDESA , RKP Desa , RAB hingga APBDESA dengan lebih mudah.

Aplikasi Sidekem sendiri merupakan bagian dari Program Pusat Pemberdayaan Informatika Desa (Puspindes) yang dicanangkan oleh pemerintah Kabupaten Pemalang. Aplikasi Sidekem dikembangkan oleh Relawan TIK Pemalang dan diperuntukkan untuk seluruh desa di Kabupaten Pemalang. 

Dalam kesempatan ini pula Gubernur Ganjar Pranowo menyampaikan beberapa hal. Pertama, layanan desa harus cepat, berbiaya murah kalau bisa gratis, dan mudah. Bagi warga, diharapkan dapat turut berpartsipasi dalam pembangunan di desanya. Warga bisa memberikan usulan mana-mana saja yang sekiranya harus menjadi prioritas pembangunan desanya. Selain itu, warga juga diharapkan dapat mengawal penggunaan anggaran desa baik Dana ADD, Dana Desa maupun PAD Desa. 

Massol Likhin

Relawan TIK Pemalang merupakan gerakan untuk membantu masyarakat dalam pemanfaatan TIK.