Pemalang Bersiap Menuju Desa Cyber

KABAR PEMALANG - Badan Pemberdayaan Masyarakat Keluarga Berencana Kabupaten Pemalang (Bapermas KB) Bidang Bidang Pemberdayaan Ekonomi dan Sarana Prasarana Desa bersama Relawan TIK Pemalang menginisiasi Desa Cyber di Desa Jebed Utara dan Desa Kaliprau. 

Pelatihan Website Desa di Desa Kaliprau
Pengembangan Desa Cyber ini meliputi pembangunan website dan server desa yang bertujuan sebagai sarana publikasi dan komunikasi baik dari perangkat desa maupun warga desa. Melalui website desa, warga dapat melihat informasi terbaru seputar desa.

Server desa dibangun guna menunjang kebutuhan akan informasi bagi warga berbasis konten lokal. Baik di Desa Jebed Utara dan Desa Kaliprau rencananya server desa akan dibangun sebuah sistem informasi yang dapat memenuhi kebutuhan dan pelayanan publik dari desa kepada warganya.

Selain itu, server desa juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi antar warga desa dengan biaya murah menggunakan teknologi voip dan layanan teleconference berbasis open source.

Kepala Desa Kaliprau, Casroni, S.Psi menyambut kegiatan ini. Desa Kaliprau mengerahkan perangkat desanya dan anggota Karang Taruna untuk mengikuti pelatihan pengelolaan website desa dan pemanfaatan server desa dengan melakukan ujicoba teleconference yang dilaksanakan Sabtu (18/1/2015) dan Minggu (18/1/2015).

Tidak cukup sampai di sana. Desa Kaliprau langsung menyusun tim untuk mengelola server desa dan website desa. Selain itu juga langsung menyusun draf konten server seperti buku-buku elektronik (e-book) dan juga draf konten video berbasis konten lokal.

Desa Kaliprau dan Relawan TIK Pemalang pun sepakat untuk melaksanakan pelatihan lanjutan guna menyiapkan tenaga pengelola server desa dan website Desa Kaliprau. Pelatihan rutin akan dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu yang akan mulai dilaksanakan minggu ke-3 bulan Januari 2015 ini.

Di sela-sela pelatihan, Sumitro Aji Prabowo salah seorang tim pengembang Grombyang OS memperkenalkan sistem operasi berbasis Open Source hasil remaster Ubuntu 14:04 yang dikembangkan oleh GrOS Team yang didalamnya termasuk anggota Relawan TIK Pemalang. 

Grombyang OS dikembangkan untuk tujuan pendidikan dan memenuhi kebutuhan akan software berbasis Open Source yang murah dan mudah didapatkan. Rencananya Sistem Operasi ini akan dirilis 24 Januari berbarengan dengan HUT Kabupaten Pemalang yang ke-440.


Senada dengan Kades Desa Kaliprau, Kades Jebed Utara, Setia Pambudi juga menyambut baik kegiatan ini. Di Desa Jebed Utara pun dilaksanakan pelatihan pengelolaan website desa dan pemanfaatan server desa dengan melakukan simulasi teleconference.(Massol) 

Massol Likhin

Relawan TIK Pemalang merupakan gerakan untuk membantu masyarakat dalam pemanfaatan TIK.