Rapat Koordinasi Peranan TIK Dalam Pengembangan Desa Inovasi Kabupaten Pemalang

Mufid Masruhan Koordinator RTIK Jawa Tengah
Agenda kedua dalam pengembangan Desa Inovasi di Kabupaten Pemalang mengambil tema tentang peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam peranan pengembangan desa dilaksanakan Selasa (18/11).

Rapat Koordinasi yang diselenggarakan di Ruang Rapat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pemalang menghadirkan dua narasumber dari Setya Teguh Yuwana dan Relawan TIK Jawa Tengah, Mufid Masruhan. Hadir pula Wakil Bupati Kabupaten Pemalang, Mukti Agung Wibowo, ST.

Mengawali dengan alunan lagu Iwan Fals berjudul "Desa", Setya Teguh Yuwana memberikan motivasi bagi pengembangan Desa Inovasi. Point yang dapat dipetik dari lagu tersebut adalah "Desa harus menjadi kekuatan ekonomi". Lantas bagaimana mewujudkannya?

Menurutnya, perlu adanya sinergitas antar aparat desa, melibatkan warga dalam perencanaan desa, mendirikan BUMDes sebagai pilar kekuatan negosisasi dan promosi serta eksekusi bisnis potensi desa dan membentuk BKAD untuk membangun sebuah kekuatan ekonomi wialayah berbasis kawasan pedesaan.

Mufid Masruhan selaku Ketua Relawan TIK Jawa Tengah memaparkan tentang bagaimana peranan TIK dalam menunjang kegiatan di desa. Baik sebagai sarana publikasi dan pomosi potensi desa yang salah satunya adalah dengan membuat dan mengembangkan website desa.

Sebelum dilaksanakan sesi dengar pendapat dan tanya jawab, Wakil Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, ST memberikan motivasi kepada para peserta yang hadir terkait pengembangan desa. Beliau memberikan contoh sederhana tentang pembudidayaan pohon Sukun yang ternyata kaya akan manfaat. Selain itu beliau juga berpesan tentang 3K; Krisis, Kritis, dan Kreatif untuk memotivasi para perangkat desa yang hadir.

Rapat Koordinasi ini difasilitasi Litbang Bappeda Kabupaten Pemalang dan dihadiri oleh beberapa perwakilan dari dinas terkait seperti Bapermas KB, Dinsosnakertrans, beberapa kades dan karang taruna serta dari Relawan TIK Pemalang.

Sejalan dengan visinya, Relawan TIK Pemalang siap terjun ke desa untuk menjadi pendamping dalam hal pemanfaatan TIK. Saat ini Relawan TIK Pemalang sudah berkoordinasi dengan Bapermas KB Kabupaten Pemalang untuk persiapan pendampingan Website Desa.

Sepuluh calon Desa Inovasi Kabupaten Pemalang antara lain adalah Mojo, Kaliprau, Penggarit, Sikasur, Beluk, Pulosari, Nyamplungsari, Kendalrejo, Gambuhan, dan Gunungsari.(Massol)

Sumber: kabarpemalang.com

RTIK Pemalang

Relawan TIK Pemalang merupakan gerakan untuk membantu masyarakat dalam pemanfaatan TIK.