Lokakarya Helpdes Desa 2.0 Calon Relawan TIK Desa Kabupaten Pemalang

Lokakarya Helpdesk Desa 2.0 bagi Calon Relawan TIK Desa Kabupaten Pemalang digelar di Aula Dinas Tenaga Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupupaten Pemalang pada hari Rabu hingga Kamis, 6-7 November 2014.
 
Digelarnya kegiatan ini merupakan inisiatif Badan Pemberdayaan Masyarakat Keluarga Berencana (Bapermas KB) Kabupaten Pemalang yang berkolaborasi bersama Gerakan Desa Membangun, PNPM Mandiri Kabupaten Pemalang, Ruang Belajar Masyarakat (RBM) dan Relawan TIK Pemalang. 

Lokakarya Helpdesk Desa 2.0 ini dibuka langsung oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi dan Sarana Prasarana Desa  Bapermas KB Kabupaten Pemalang, Sodik Ismanto, SH, MH. Dalam sambutannya Sodik Ismanto, SH, MH mengatakan bahwa salah satu amanat UU No. 6 Tahun 2014 adalah pada pasal 86 yang di sana terdapat perintah tentang desa berhak mendapatkan fasilitasi sistem informasi.


 "Untuk itu kami mengundang para peserta untuk menjadi calon relawan yang kelak dipersiapkan sebagai pendamping bagi tiap desa yang ada di Kabupaten Pemalang", tambahnya.


Ketua Ruang Belajar Masyarakat (RBM) Kabupaten Pemalang, Rujito memberikan motivasi dan semangat bagi para peserta. Dia bercerita tentang bagaimana RBM di Kecamatan Petarukan hanya dengan membuat video sederhana tentang liputan budidaya Jahe Merah dan mengunggahnya ke Youtube ternyata mampu mengundang banyak orang untuk datang melihat langsung dan belajar bagaimana membudidayakan jahe merah tersebut. 


Dalam lokakarya ini Yossy Suparyo perwakilan dari Gerakan Desa Membangun memberi pembekalan kepada para peserta dengan memberikan motivasi dengan memberikan beberapa contoh desa yang sudah mengaplikasikan pemanfaatan TIK untuk mendukung kegiatan baik itu untuk pelaksanakan kegiatan di Pemerintah Desanya maupun untuk membantu para warga dalam menggali informasi seperti informasi harga gabah. Beberapa contoh desa yang sudah berhasil antara lain adalah Desa Melung di Kabupaten Banyumas dan Desa Mandala Mekar di  Kabupaten Tasikmalaya.


Selain itu, dalam lokakarya ini Andri Johandri dari Jakarta yang sudah berpengalaman dalam hal pemanfaatan teknologi terbarukan menceritakan tentang penerapan teknologi untuk mendukung pertanian di desa. Dia juga mendemonstrasikan pemanfaatan telepon gratis menggunakan teknologi voip dengan perangkat ponsel berbasis Android. Sebelum menutup sesinya Andri Johandri juga mendemonstrasikan tentang teknologi video streaming yang dapat digunakan sebagai sarana edukasi dan hiburan warga desa jika kelak diterapkan di desa masing-masing peserta.


Lokakarya bertujuan untuk membekali para calon Relawan TIK Desa yang akan terjun ke desa-desa di Kabupaten Pemalang. Setiap kecamatan mengirim dua calon relawan.  Selama dua hari calon relawan dibekali kemampuan teknis membuat web desa dan mengisi kontennya dengan belajar membuat artikel berita didampingi Relawan TIK Pemalang yang terdiri dari Solikhin, Erni Sulistyowati dan Ridha Khaeruddaroeni. 

Sumber: kabarpemalang.com









RTIK Pemalang

Relawan TIK Pemalang merupakan gerakan untuk membantu masyarakat dalam pemanfaatan TIK.