Pelatihan Web Hacking di Puskomas Pekalongan

KABAR PEMALANG - Keamanan sistem menjadi prioritas penting ketika membangun sebuah website. Celah yang ada akan dimanfaatkan oleh pengakses ilegal untuk merusak atau mengubah konten yang ada dalam sebuah website. Untuk mengantisipasinya perlu adanya pengetahuan tentang sistem keamanan dalam sebuah website. Itulah yang melatarbelakangi diselenggarakannya Pengenalan web hacking dan trojan sebagai pengendali jarak jauh di Puskomas Pekalongan, Sabtu (25/10). 

Pelatihan yang berlangsung kurang lebih tiga jam yang dimoderatori Sumitro Aji Prabowo(Relawan TIK Pemalang) ini memberikan pemahaman tentang teknik menembus sebuah website dengan metode SQL Injection. Jordan Andrean anggota Relawan TIK Pemalang yang bertindak sebagai pemateri memberikan contoh beberapa website sample untuk diterobos. Setiap website memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Untuk itulah Jordan memberikan contoh beberapa cara menembus halaman admin sebuah website. Setelah itu, barulah dipaparkan bagaimana cara mengantisipasi serangan-serangan oleh pihak-pihak yang tidak diinginkan. Selain webnya sendiri yang perlu dikuatkan keamananannya, ketika kita memilih sebuah hostingpun perlu diperhatikan juga tingkat keamanan servernya. Salah pilih, bisa berakibat tidak optimalnya kinerja sebuah website.


Setelah itu, Jordan memberikan contoh metode penamaman trojan dan cara menjalankannya dari jarak jauh. Metode ini digunakan untuk memonitor aktivitas komputer target yang sudah ditanam trojan. Pengetikan karakter hingga webcam komputer targetpun dapat di kendalikan dari jarak jauh. 


Dalam pelatihan yang digagas oleh Pusat Komputer Masyarakat Pekalongan (Puskomas) ini dihadiri oleh kurang lebih 25 orang peserta dari berbagai komunitas baik dari Pemalang maupun Pekalongan. 


Dari sini Puskomas Pekalongan, Armada Trainier TIK Pekalongan (ATTIK) dan Relawan TIK Pemalang sepakat untuk berkoborasi menyusun dan melaksanakan program ke depan. 



Sumber: kabarpemalang.com

RTIK Pemalang

Relawan TIK Pemalang merupakan gerakan untuk membantu masyarakat dalam pemanfaatan TIK.