Para Guru Belajar Membuat Blog Untuk Jualan Online

Suasana Pelatihan di Klinik TIK Kedungwuni
Armada Trainer TIK Pekalongan menggelar Pelatihan Bisnis Online untuk para guru di Klinik TIK Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Sabtu (18/10). Para guru yang semula menggunakan menggunakan internet untuk browsing dan mengerjakan tugas-tugas kini juga bisa menggunakannya untuk kegiatan jual beli.


Dalam kesempatan ini Armada Trainer TIK Pekalongan yang dinaungi DJalaludin Pane Foundation (DPF) menggandeng Relawan TIK Pemalang untuk berkolaborasi. Ada Massol, Ifta Aulia, Ridha Khoiruddaroeni dan Aris Setyawan datang khusus mewakili Relawan TIK Pemalang.


Ada beberapa keuntungan ketika membuka jualan di dunia maya. Pertama hemat biaya, penjual tidak perlu menyewa lapak yang mahal dan mempekerjakan banyak karyawan. Kedua jangkauan luas, barang yang kita tawarkan tidak hanya sebatas regional saja melainkan dapat dilihat oleh banyak orang. Ketiga waktu yang tak terbatas, dalam berjualan online tidak ada istilah kapan dibuka dan ditutup. Calon pembeli dapat memesan kapan saja dan dimana saja.


Dalam pelatihan yang berdurasi kurang lebih enam jam ini Massol selaku pemateri mengajarkan langkah demi langkah membuat blog untuk jualan online. Platform yang digunakan dalam pelatihan ini adalah fasilitas blog dari Google, Blogspot. Para peserta yang sebelumnya sudah mendapatkan pelatihan internet dan email tidak canggung dalam mengikuti pelatihan. Mereka tampak bersemangat meski sempat sedikit mengalami kendala ketika mendaftarkan alamat blog yang harus diulang-ulang karena mengalami error. 


Menurut Dody salah satu personil Armada Trainer TIK Pekalongan kegiatan pelatihan ini 

merupakan salah satu program berkelanjutan dari Armada Trainer TIK. Dengan adanya kolaborasi ini diharapkan mampu sedikit demi sedikit membentuk masyarakat Pekalongan yang lebih informatif dan produktif. (Massol)

RTIK Pemalang

Relawan TIK Pemalang merupakan gerakan untuk membantu masyarakat dalam pemanfaatan TIK.